a.
Efek – Efek Ekonomis Koperasi.
Salah
satu hubungan penting yang harus dilakukankoperasi adalah dengan para
anggotanya, yang kedudukannya sebagi pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Motivasi
ekonomi anggota sebagi pemilik akan mempersoalkan dana (simpanan-simpanan) yang
telah di serahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota
sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan
barang-jasa, menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual
/pembeli di luar koperasi.
Pada
dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan
koperasi :
1. Jika
kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya
2. Jika
pelayanan itu di tawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih
menguntungkan di banding yang di perolehnya dari pihak-pihak lain di luar
koperasi.
· Efek
Harga dan Efek Biaya
Partisipasi
anggota menentukan keberhasilan koperasi. Sedangkan tingkat partisipasi anggota
di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : Besarnya nilai manfaat
pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif.
Motivasi
utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang di
maksud adalah insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi
yang efisien, atau adanya pengurangan biaya dan atau di perolehnya harga
menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai
maupun dalam bentuk barang.
Bila
dilihat dari peranan anggota dalam koperasi yang begitu dominan, maka setiap
harga yang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota
dengan harga untuk non anggota. Perbedaan ini mengharuskan daya analisis yang
lebih tajam dalam melihat peranan koperasi dalam pasar yang bersaing.
· Analisis
Hubungan Efek Ekonomis dan Keberhasilan koperasi
Dalam
badan usaha koperasi, laba (profit) bukanlah satu-satunya yang di kejar oleh
manajemen, melainkan juga aspek pelayanan (benefit oriented). Di tinjau dari
konsep koperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya
partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi
partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang di terima oleh
anggota. Keberhasilan koperasi di tentukan oleh salah satu faktornya adalah
partisipasi anggota dan partispasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek
ekonomis koperasi yaitu manfaat yang di dapat oleh anggota tsb.
· Penyajian
dan Analisis Neraca Pelayanan
Di
sebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan
koperasi, terutama tantangantantangan kompetitif, pelayanan koperasi terhadap
anggota harus secara kontinu di sesuaikan. Ada dua faktor utama yang
mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya.
1. Adanya
tekanan persaingan dari organisasi lain (terutama organisasi non koperasi).
2.
Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban.
Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam
mengkonsumsi produk-produk yang di tawarkan oleh koperasi.
Bila
koperasi mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang
lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap
koperasinya akan meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi memerlukan
informasi-informasi yang dating terutama dari anggota koperasi.
Soal :
1.Soal ;
1. Tujuan perusahaan, dari efisiensi perusahaan koperasi adalah
a. Memaksimumkan keuntungan
b. Memaksimumkan nilai perusahaan
c. Mamaksimumkan biaya
d. Jawaban a,b,c benar
2. Yang dimaksud Efisiensi dalam evaluasi keberhasilan koperasi adalah
a. Pencapaian target ouput yang diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (Oa), dengan output realisasi atau sesungguhnya (Os), jika Os>Oa disebut efektif.
b. Penghematan input yang diukur dengan cara membandingkan input anggaran atau seharusnya (la) dengan input realisasi atau sesungguhnya (ls), jika ls
c. Pencapaian target Output (O) atas input yang digunakan (I), jika (O>I) disebut produktif
d Menekan bahwa perusahaan perlu menetapkan tujuan sehingga perusahaan dapat menentukan apa yang harus dilakukan.
3. Penghematan input yang diukur dengan cara membandingkan input anggaran atau seharusnya (la) dengan input realisasi atau sesungguhnya (ls), bisa dikatakan efisien jika
a. ls=la
b. ls>la
c. ls+la=0
d. ls
4. Eisiensi merupakan perbandingan antara
a. Output dan modal
b. Modal dan Aktiva
c. Input dan Aktiva
d. Output dan Input
5. Dapat memenuhi kebutuhan anggotanya adalah contoh dari
a. Manfaat ekonomi langsung
b. Manfaat ekonomi Tidak Langsung.
c. Manfaat efektivitas ekonomi.
d. Manfaat efisiensi ekonomi.
ESSAY!
1. Faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi anggota dalam koperasi adalah?
2. Sebutkan faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya.!
Jawab :
1. a Besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian mauoun normatif
b. Motivasi utilitarian sejalan dengan kemnfaatn ekonomis
c. Karena dalam koperasi anggotanya terlalu dominan, maka setiap harga yang ditetapkan koperaasi harus dibedakan antara harga untuk anggota dan harga non anggota
2. a. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain (terutama organisasi non koperasi).
b. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang di tawarkan oleh koperasi.
1. Tujuan perusahaan, dari efisiensi perusahaan koperasi adalah
a. Memaksimumkan keuntungan
b. Memaksimumkan nilai perusahaan
c. Mamaksimumkan biaya
d. Jawaban a,b,c benar
2. Yang dimaksud Efisiensi dalam evaluasi keberhasilan koperasi adalah
a. Pencapaian target ouput yang diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (Oa), dengan output realisasi atau sesungguhnya (Os), jika Os>Oa disebut efektif.
b. Penghematan input yang diukur dengan cara membandingkan input anggaran atau seharusnya (la) dengan input realisasi atau sesungguhnya (ls), jika ls
c. Pencapaian target Output (O) atas input yang digunakan (I), jika (O>I) disebut produktif
d Menekan bahwa perusahaan perlu menetapkan tujuan sehingga perusahaan dapat menentukan apa yang harus dilakukan.
3. Penghematan input yang diukur dengan cara membandingkan input anggaran atau seharusnya (la) dengan input realisasi atau sesungguhnya (ls), bisa dikatakan efisien jika
a. ls=la
b. ls>la
c. ls+la=0
d. ls
4. Eisiensi merupakan perbandingan antara
a. Output dan modal
b. Modal dan Aktiva
c. Input dan Aktiva
d. Output dan Input
5. Dapat memenuhi kebutuhan anggotanya adalah contoh dari
a. Manfaat ekonomi langsung
b. Manfaat ekonomi Tidak Langsung.
c. Manfaat efektivitas ekonomi.
d. Manfaat efisiensi ekonomi.
ESSAY!
1. Faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi anggota dalam koperasi adalah?
2. Sebutkan faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya.!
Jawab :
1. a Besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian mauoun normatif
b. Motivasi utilitarian sejalan dengan kemnfaatn ekonomis
c. Karena dalam koperasi anggotanya terlalu dominan, maka setiap harga yang ditetapkan koperaasi harus dibedakan antara harga untuk anggota dan harga non anggota
2. a. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain (terutama organisasi non koperasi).
b. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang di tawarkan oleh koperasi.
0 komentar:
Posting Komentar